Publikasi - Petunjuk Penulisan

Ketentuan Umum

  1. Tema dan ruang lingkup permasalahan di bidang pendidikan baik formal maupun non formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya, dalam arti yang seluas-luasnya meliputi hasil penelitian tindakan kelas, penelitian tindakan sekolah, atau penelititan tindakan lainnya yang merupakan hasil penelitian tindakan nyata atau berupa gagasan ilmiah baik berupa penelitian pustaka atau didasarkan hasil pengkajian yang setara dengan penelitian (ada temuan baru di dalamnya).
  2. Naskah yang ingin dimuat pada majalah/jurnal yang ber-ISSN adalah :
    1. Naskah diterima paling lambat 1 (satu) bulan sebelum tanggal penerbitan, pengiriman bisa melalui email atau langsung ke alamat redaksi masing-masing dengan print out naskah sebanyak 2 (dua) rangkap beserta softcopynya.
    2. Naskah belum dipublikasikan di majalah/jurnal lain.
    3. Tata cara penulisan naskah :
      1. Ditulis menggunakan huruf Verdana ukuran 9 (sembilan) dengan jarak 1 (satu) spasi, jumlah halaman antara 6 sampai dengan 10 halaman kertas kuarto (A4) menggunakan MS Word dengan margin atas 2 cm, margin bawah 3 cm, margin kiri 3 cm dan margin kanan 2.
      2. Naskah diketik dengan memperhatikan aturan tentang penggunaan tanda baca dan ejaan yang dimuat dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan (edisi terbaru) dan pedoman sistematika penulisan karya ilmiah yang umum.
    4. Setiap naskah yang masuk akan direview terlebih dahulu oleh mitra bestari yang menentukan apakah naskah diterima atau ditolak, naskah yang diterima akan dilakukan penyuntingan oleh redaktur dan naskah yang ditolak naskah tidak akan dikembalikan, kecuali penulis memintanya.
    5. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis. Penulis yang artikelnya dimuat akan mendapatkan imbalan berupa nomor bukti pemuatan sebanyak 2 eksemplar.

Ketentuan Khusus

  1. Judul, singkat dan padat mencerminkan isi yang naskah secara keseluruhan, maksimal 15 kata dalam bahasa Indonesia.
  2. Nama penulis, ditulis secara lengkap nama tanpa gelar, nama tempat bekerja, alamat e-mail dan nomor telepon atau handphone yang bisa dihubungi.
  3. Abstrak, disusun dalam satu paragraf berisi latar belakang, tujuan, manfaat, metode dan hasil penelitian dengan jumlah kata maksimal 200 kata serta disajikan secara utuh dengan tidak mengulang judul dalam abstrak.

    Khusus untuk penulis yang sedang atau telah menempuh pendidikan S2/S3, disamping abstrak dalam bahasa Indonesia, juga harus membuat abstrak dalam bahasa Inggris.

    Kata kunci merupakan kata-kata penting dalam penulisan minimal 4 (empat) kata kunci.

  4. Pendahuluan, ditulis tanpa judul subjudul berisi latar belakang permasalahan, masalah dan rencana pemecahan masalah dan tujuan penelitian.
  5. Tinjauan pustaka, merupakan bagian dari Pendahuluan dan bukan merupakan bagian yang terpisah dimana pustaka yang diacu harus ada dalam Daftar Pustaka dan acuan harus relevan, mutakhir dan merupakan acuan primer (hasil penelitian, bukan pengertian sesuatu hal atau proses tertentu.

  6. Metode Penelitian, bagaimana penelitian dilaksanakan untuk memperoleh data dengan kegunaan dan tujuan tertentu berisi hal-hal pokok saja, uraian rinci tentang rancangan penelitian tidak perlu disajikan.
  7. Hasil, menyajikan hasil penelitian dan analisis data sedangkan proses analisis data dan pengujian hipotesis tidak perlu disajikan. Hasil analisis dapat disajikan dalam bentuk table/grafik yang disertai interpretasi untuk memperjelas penyajian hasil penelitian.
  8. Pembahasan, menyatakan hubungan yang ada antara fakta-fakta selama pengamatan dengan menafsirkan temuan-temuan dan mengintegrasikan temuan dengan teori yang digunakan dalam penelitian serta implikasi yang dihasilkan dari penelitian.
  9. Kesimpulan dan saran, kesimpulan yang merupakan jawaban rumusan masalah berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian disajikan dalam bentuk deskriptif, bukan dalam bentuk numerical, dan mengacu pada butir-butir rumusan masalah, sedangkan saran disusun berdasarkan kesimpulan yang dapat mengacu pada tindakan praktis dan penelitian lanjutan.
  10. Daftar rujukan, lengkap dan sesuai dengan rujukan yang ada dalam naskah ditulis dengan ketentuan nama penulis, tahun penerbitan, kota penerbit, dan penerbit, serta disusun menurut abjad.

Unduh File PDF Petunjuk Penulisan, klik.